Unlimited, Resep XL Mendulang Cuan dari Data



PT XL Axiata Tbk (XL) berhasil mendulang uang dalam jumlah lumayan sepanjang 2014 dari bisnis data dan Value Added Services (VAS).

Dalam info memo anak usaha Axiata itu terlihat sepanjang 2014 kinerja dari jasa data dan VAS mencapai Rp 6,275 triliun atau naik 43% dibandingkan posisi 2013 Rp 4,40 triliun. Kontribusi layanan data dan VAS sebesar 26,6% bagi total pendapatan di 2014 sekitar Rp 23,56 triliun.

Deputi CEO XL, Dian Siswarini mengungkapkan, pertumbuhan pendapatan layanan data dipicu oleh tingginya trafik penggunaan dan meningkatnya penetrasi pengguna smartphone.

“Fokus XL dalam menyediakan akses layanan internet yang mudah dan nyaman melalui penawaran beragam perangkat dan program bundling kepada pelanggan secara berkesinambungan telah meningkatkan trafik layanan Data sebesar 127% dari tahun sebelumnya. Pengguna Smartphone meningkat menjadi  16,1 juta dengan rata-rata penetrasi sebesar 27% di tahun 2014,” ungkap Dian, kemarin.

Ditambahkannya, keberanian XL untuk kembali bermain paket data Unlimited pada 2014 juga berbuah manis. “Kami meluncurkan kartu perdana Internet Super Unlimited untuk para pengguna baru. Kartu perdana ini dilengkapi dengan paket data yang sederhana serta batas penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna baru,” katanya.

Jika dilihat dari laporan keuangan, dampak keberanian menerapkan paket unlimited terlihat pada EBITDA marjin yang turun 4% dari 41% di 2013 menjadi 37% di 2014. Namun, EBITDA berhasil dijaga stabil di Rp 8,6 triliun.

Hanya di sisi Average Revenue Per User (ARPU) terjadi penurunan secara year on year (yoy) dari 2013 ke 2014, dimana untuk pelanggan prabayar dari Rp 26 ribu menjadi Rp 25 ribu dan pasca bayar dari Rp 132 ribu menjadi Rp 118 ribu. Jumlah pelanggan aktif untuk pasca bayar mengalami kenaikan dari 377 ribu menjadi 423 ribu, sedangkan pengguna prabayar mengalami penurunan dari 60,2 juta menjadi 59,2 juta nomor.

Pertahankan
Jika di lihat di awal 2015 ini, XL tetap mempertahankan konsep bundling dan unlimited dalam melakukan penetrasi di pasar data.

Terbaru, XL bekerjasama dengan Erafone dan Trikomsel, menawarkan  bundling paket data XL dengan Iphone seri terbaru yaitu Iphone 6 dan 6 Plus.

Head of Device Channel XL Dennis Galant mengatakan di jaringannya jumlah pengguna Android paling besar lantaran Android memiliki banyak pilihan dan harga. Sedangkan profil pengguna iPhone haus data dan rela merogoh kocek dalam untuk membeli perangkat.

"Pelanggan iPhone XL masih kurang dari sejuta. Tapi kami optimistis jumlah ini bisa terus bertambah lantaran tiap tahun tumbuhnya besar," katanya.

Dalam program bundling iPhone seri terbaru,  XL menawarkan dua pilihan paket bundling yaitu prabayar dan pasca bayar, dengan harga mulai  Rp 10.799.000.

Untuk paket prabayar pelanggan akan mendapatkan paket Internet Super HotRod 99Ribu/30 hari dengan kuota 4GB (2G/3G) dan gratis kuota 4GB (4G). Sedangkan untuk pilihan paket pasca bayar pelanggan akan mendapatkan Unlimited Professional 150Rb, dengan kuota internet Unlimited (fup 4GB), bebas bicara 300 menit ke sesama pengguna XL dan 30 SMS ke semua operator.

Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?it=Unlimited-Resep-XL-Mendulang-Cuan-dari-Data

Artikel Terkait

Unlimited, Resep XL Mendulang Cuan dari Data
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email