Pengguna Internet di Dunia Mencapai 3 Miliar


Laju pertumbuhan pengguna internet melambat selama empat tahun berturut-turut sejak 2010. Pada tahun 2010, pertumbuhan pengguna internet melaju 14,7 persen, tetapi terus melambat hingga ke 6,6 persen tahun lalu.

Demikian menurut survei yang dilakukan oleh internet.org dan disponsori oleh Facebook.

Tahun ini, pengguna internet diperkirakan mencapai 3 miliar orang dari 7 miliar populasi dunia saat ini. Pada tahun 2019, ditargetkan jumlah pengguna internet mencapai 4 miliar. Tetapi, dengan pertumbuhan yang melambat, nampaknya target tersebut akan sulit dicapai.

Meski demikian, masih ada harapan untuk mencapai target tersebut. Survei internet.org mengatakan 90 persen populasi dunia hidup dalam jangkauan jaringan telekomunikasi mobile. Selain itu, 80 persen populasi dunia juga disebut mampu membayar internet.

"Mobile adalah masa depan internet," tulis Facebook dalam laporan internet.org. "Dalam 10 tahun terakhir, jumlah pengguna mobile internet melebihi jumlah pengguna fixed line."

Tingkat pengguna internet di negara maju mencapai 78 persen sementara di negara berkembang hanya 32 persen. Amerika Serikat dan Jerman memiliki tingkat adopsi hingga 84 persen, sementara Ethiopia dan Myanmar hanya di bawah 2 persen.

Facebook dalam pernyataanya mengatakan bahwa tiga hambatan utama tingkat adopsi internet adalah infrastruktur, keterjangkauan harga, dan konten internet yang tidak relevan (sesuai dengan bahasa mereka). Sumber

Artikel Terkait

Pengguna Internet di Dunia Mencapai 3 Miliar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email