Televisi Mulai Tergantikan?


Di Inggris, jumlah kepemilikan televisi saat ini menurun. Kebiasaan menonton TV berubah dengan kehadira laptop, komputer tablet, dan ponsel.

Jumlah kepemilikan televisi di Inggris untuk pertama kalinya menunjukkan penurunan. Ini seiring dengan perubahan masyarakat yang kini lebih banyak menonton acara berita, hiburan, dan olahraga melalui laptop, tablet serta ponsel pintar.

Menurut data lembaga pengawas media, Ofcom, rumah tangga yang memiliki TV turun sebanyak 300.000 selama periode 2012–2013. Pada akhir 2012 tersebut jumlah rumah tangga yang punya TV sebanyak 26,33 juta. Namun, setahun kemudian angkanya turun menjadi 26,02 juta.

Didapati pula data bahwa hampir satu juta rumah tangga yang tidak memiliki TV, sementara punya akses internet.

Tren selalu naik

Ofcom mengatakan ini semua mengindikasikan tren pemakaian peranti lain non-TV untuk menonton berbagai acara TV. Jumlah kepemilikan TV di Inggris selalu meningkat dari tahun ke tahun—sejak data ini dikumpulkan pada 1956.

Survei yang pertama memperlihatkan terdapat 5,7 juta rumah tangga yang punya TV atau bila dirata-rata satu dari tiga rumah tangga memiliki pesawat TV. Namun kebiasaan menonton TV berubah dengan hadirnya laptop, komputer tablet, dan ponsel pintar.

Peranti ini memungkinkan penggunanya menonton acara TV di mana saja, selain juga menyaksikan episode atau tayangan lama.

(Sumber: BBC Indonesia) http://ngi.cc/n4lr

Artikel Terkait

Televisi Mulai Tergantikan?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email