YouTube for Kids, Saluran Aman untuk Anak-anak


Para orangtua yang menjadikan YouTube sebagai sarana hiburan dan belajar untuk anak-anak kini akan semakin merasa aman dan nyaman. Sebab, Google baru saja merilis aplikasi YouTube for Kids.

Aplikasi untuk Android dan iOS memang layanan terpisah dari YouTube biasanya. Artinya, para orangtua harus terlebih dahulu mengunduhnya lagi dari Google Play Store dan App Store.

Karena diperuntukkan untuk anak-anak, sudah pasti segala tampilan dan kontennya disesuaikan dengan umur mereka. Malahan tak itu saja, para orangtua pun tak perlu merasa khawatir para bocah ini menonton video di YouTube terlalu lama.

Pasalnya, YouTube paham betul apa yang dimaui oleh anak-anak dan orangtua. Sehingga jalan tengah menjadi pilihan terbaik bagi YouTube for Kids ini. CNN Indonesia sudah menjajalnya di iPhone 5S, dan berikut hasil uji aplikasinya.

Antarmuka

Untuk mendapatkan aplikasi YouTube for Kids ini tak membutuhkan ruang memori yang tak terlalu besar, hanya 45 MB saja. Untuk membedakan dengan aplikasi YouTube biasa, maka ada logo gambar televisi tersenyum untuk aplikasi YouTube for Kids ini.

Setelah menginstal, pengguna akan disuguhi dengan latar belakang musik yang ceria khas anak-anak. Misalnya, Anda tidak suka, pengguna bisa saja menghilangkannya di bagian pengaturan.

Saat pertama kali masuk ke YouTube for Kids, tidak ada antarmuka yang ribet, semuanya serba simpel dan tentu saja anak-anak dijamin tidak akan bingung dibuatnya.

Di bagian tengah terdapat video yang sudah diunggah ke paltform ini. Untuk bisa melihat video lainnya, cukup menyapunya ke kanan dan ke kiri saja.

YouTube for Kids menyediakan beberapa alternatif pilihan yang terletak di bagian atas. Diantaranya adalah channel 'Show', 'Music', 'Learning' dan 'Explore'. Setiap mengganti pilihan ada nada yang menyenangkan.

Kontennya pun sudah pasti diisi oleh video untuk anak-anak, sebut saja Thomas & Friends, Sesame Street dan Pocoyo. Namun tampaknya, YouTube belum menyediakan fitur untuk mengunggah video sendiri, artinya konten yang ditampilkan adalah hasil pilihan dari penyedia layanan.

Fitur

Satu lagi yang membuat YouTube for Kids ini berbeda. Ada sejumlah settingan yang bisa diatur oleh orangtua. Untuk bisa masuk ke fitur ini pun, terdapat PIN berbeda-beda yang harus dimasukkan.

Salah satu paling menarik adalah fitur Timer. Sesuai namanya, pengguna bisa mengatur waktu kapan tayangan video di YouTube ini selesai. Sehingga, kendati tak dalam pengawasan orangtua, anak-anak bisa dibatasi sampai kapan menyaksikan YouTube.

Di bagian pengaturan juga terdapat pengontrolan konten, cukup mematikan bagian 'search' maka video yang ditampilkan di home akan dibatas, termasuk ketika mencari di bagian 'search'.

Secara keseluruhan ini adalah aplikasi yang ditunggu-tunggu oleh para orangtua yang ingin anaknya tetap bisa menonton YouTube tanpa berlebihan dan tetap aman. Sumber

Artikel Terkait

YouTube for Kids, Saluran Aman untuk Anak-anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email