Tren Tukar Tambah: Jual BlackBerry, Beli Android


Selain berkutat seputar masalah harga, fenomena lain dalam transaksi hape pekan ini, yakni terkait persaingan antara Android dengan BlackBerry. Semenjak kehadiran produk Android, banyak pedagang yang memprediksi jika hape berbasis Android, bisa mengerogoti dominasi BlackBerry (BB), sebagai smartphone pilihan utama di Tanah Air. Prediksi banyak pedagang itu tidak jauh meleset.

Dominasi Android terhadap BlackBerry terus berlangsung hingga saat ini. Menariknya lagi, sekarang semakin banyak pengguna yang melakukan aksi tukar tambah BB dengan Android. Seperti yang dituturkan Ami pegawai Mega Celular, menurutnya dalam dua pekan terakhir cukup banyak konsumen melakukan aksi tuker tambah BB dengan Android.

“Kebanyakan yang ditukar adalah BB seri premium seperti tipe Dakota, Z10, serta Q10. Dana hasil menjualan BB itu, dijadikan modal untuk membeli Android, terutama di level menengah atas,” jelas pria yang mengelar dagangannya di kawasan Roxy Mas tersebut.

Fenomena tukar BB dengan Android juga terjadi di salah satu pusat belanja ponsel alternatif, yakni kawasan Pusat Grosir Cilitan. Menurut Zaki Pemilik Mulia Celular, aktivitas tersebut mulai marak sejak pergantian tahun, dan hingga saat ini masih cukup.

Sedikit berbeda dengan Roxy mas, di PGC kebanyakan BB yang ditukar tambah adalah seri kelas menengah. Seperti yang diungkapkan kembali oleh Zaki, kebanyakan BB yang ditukar oleh user adalah seri menengah diantaranya, Gemini, Davis, serta tipe Amstrong.

Di tempat yang sama, Alice pegawai Alia Celuluar, bercerita, aktivitas tukar tambah produk BB dengan produk Android, banyak didominasi kalangan anak muda. “BB yang ditukar kebanyakan tipe Gemini 3G, Davis, serta Amstrong. Sedangkan Android yang diincar kebanyakan produk global di rentang 1.5 juta ke bawah,” terangnya.

Artikel Terkait

Tren Tukar Tambah: Jual BlackBerry, Beli Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email