Ekosistem Digital Ciptakan Ekonomi Bersama


Perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia saat ini tengah memanfaatkan luasnya rangkaian bisnis digital, pelanggan digital, dan bahkan perangkat digital dalam jaringan mereka untuk menciptakan ekosistem digital baru. Perusahaan tersebut telah mulai memanfaatkan teknologi untuk bertransformasi menuju bisnis digital dan tengah berupaya untuk menggabungkan keahlian industri yang mereka miliki dengan kemampuan teknologi digital untuk membentuk kembali pasar mereka.

Evan Wiradharma, Accenture Strategy Country Lead untuk Indonesia mengatakan bahwa pelaku  bisnis tersebut melihat adanya potensi besar untuk dapat menjadi pelopor dalam menciptakan perbedaan dan menghasilkan keuntungan dengan cara menjalankannya sebagai ekosistem dibandingkan hanya menjadikannya sebagai suatu usaha individual dan ikut berperan dalam menggerakkan apa yang disebut dengan “Ekonomi Bersama”.

Pergeseran ke “Ekonomi Bersama” ini menurut Evan terangkum dalam survei global Accenture terhadap lebih dari 2.000 eksekutif bisnis dan TI, yang menunjukkan empat dari lima responden percaya bahwa di masa depan, batas-batas industri menjadi semakin kabur seiring dengan pembentukan kembali industri oleh platform-platform yang ada menjadi suatu ekosistem yang saling terhubung.

“Semakin banyak perusahaan yang mulai memahami bahwa koneksi tidak terbatas pada tingkat karyawan dan pelanggan. Mereka pun memilliki potensi untuk menjadikan diri mereka sebagai bagian dari jaringan global yang terdiri dari bisnis, individu dan hal-hal lain dari berbagai sektor industri di dunia. Jaringan koneksi yang besar tersebut beserta daya transformasional yang dimilikinya membawa era baru pada masa digital, masa yang disebut dengan ekosistem digital.” jelas Evan.

Dalam laporan Technology Vision tahun lalu Accenture mengamati bagaimana perusahaan-perusahaan besar mempertegas kembali kepemimpinan mereka dalam pasar dengan menerapkan kemampuan digital untuk mendorong proses-proses secara lebih efektif dan mengubah cara mereka memasuki pasar, menjalin kerja sama dengan para mitra, melakukan interaksi dengan pelanggan dan mengelola transaksi. Sekarang, setelah digital menjadi bagian dari struktur DNA operasi mereka, perusahaan-perusahaan tersebut akan merentangkan batas-batasnya untuk memanfaatkan ekosistem bisnis digital yang lebih luas sembari membentuk generasi produk, layanan dan model bisnis selanjutnya demi mewujudkan perubahan pada skala yang lebih luas.

Laporan Accenture Technology Vision 2015 memberikan contoh tentang bagaimana interkoneksi antar perangkat komputasi dalam infrastruktur Internet, di masa Industri Internet of Things yang tengah berkembang pesat, pelaku usaha tersebut menggunakan ekosistem digital untuk menawarkan sejumlah layanan baru, membentuk kembali pengalaman dan memasuki pasar baru.

Salah satu contohnya adalah Home Depot, yang bekerja sama dengan para produsen untuk memastikan bahwa semua produk rumah terkoneksi yang dijual kompatibel dengan sistem rumah terkoneksi Wink – dengan cara menciptakan ekosistem rumah terhubung miliknya sendiri dan mengembangkan layanan-layanan baru yang potensial serta pengalaman-pengalaman yang unik bagi pelanggan Wink.

Philips pun menggunakan pendekatan serupa dan bekerja sama dengan Salesforce dalam membangun sebuah platform untuk membentuk kembali dan mengoptimalkan cara perawatan kesehatan diberikan. Platform tersebut diharapkan dapat menciptakan sebuah ekosistem yang memungkinkan terjadinya kolaborasi dan alur kerja antara dokter dan pasien di seluruh spektrum perawatan. Ekosistem  untuk mencapai peningkatan hasil akhir ini sangat besar, mencakup rekam medis elektronik serta informasi dan penanganan diagnostik yang diperoleh melalui alat pencitraan, perlengkapan pemantauan, serta perangkat dan teknologi pribadi Philips. Sumber

Artikel Terkait

Ekosistem Digital Ciptakan Ekonomi Bersama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email