Promosi UKM Melalui Mobile Advertising Meningkat Pesat


Jumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang menggunakan jasa mobile advertising dalam mempromosikan produknya meningkat sangat pesat. Selain lebih murah, penggunaan mobile advertising juga dinilai lebih sederhana dan efektif.

Head of M-Advertising PT XL Axiata, Herwinto Chandra Sutantyo, mengatakan pertumbuhan UKM pengguna Mobile advertising di XL meningkat sampai 15 kali lipat dalam kurun waktu satu tahun.

Pada tahun 2013 jumlah pelaku UKM yang menggunakan jasa mobile advertising mencapai 168 UKM. Jumlah tersebut meningkat pesat pada tahun 2014 hingga mencapai 2.588 UKM.

Herwinto mengatakan, pertumbuhan itu diperkirakan semakin tinggi pada tahun ini. Pada tahun 2015, XL menargetkan jumlah UKM pengguna mobile advertising tersebut mencapai 7500 UKM.

Mobile advertising tersebut sebagian besar diaplikasikan dalam bentuk SMS dan MMS.

"Sebagian besar ada di daerah Bali, Lombok dan Makasar. Pelaku UKM tersebut beragam mulai dari barang dan jasa," ujarnya saat media gathering XL di Lombok Barat, Rabu (25/2/2015).

Dia mengatakan, banyaknya pengguna mobile advertising tersebut disebabkan biayanya yang cukup murah. Untuk XL, paket biaya mobile advertising tersebut mulai dari Rp 500.000.

Selain itu, penggunaan proses pemasangan mobile advertising tersebut juga dinilai lebih sederhana dan cepat. "Jika sekarang ingin memasang, besok sudah bisa langsung dilaksanakan. Kalau dirasa kalimat yang kemarin kurang menarik, bisa langsung dirubah," ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat Zaini Arony mengatakan pelaku UKM di wilayahnya banyak yang bergerak di bidang kerajinan dan pariwisata. Hal itu sesuai dengan visi Lombok Barat yang ingin meningkatkan jumlah kunjungan pariwisatanya terutama wisata bahari.

Pada 2014, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok Barat mencapai 347.000 orang dengan jumlah pemasukan 428 miliar per tahun.

"Kami ingin meningkatkan lama waktu menetap wisatawan di Lombok Barat dari rata-rata 2,8 hari menjadi 4 hari. Sementara di Bali, rata-rata lama wisatawan menetap sudah 6 hari," kata dia. Sumber

Artikel Terkait

Promosi UKM Melalui Mobile Advertising Meningkat Pesat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email